Kamis, 08 November 2012

Gara-gara Pandji

Okeh, maafin gw ya, Pandji Pragiwaksono..
Maap karna gw make nama ente tiba-tiba... maap ye bang~

Di sini, gw mau share aja tentang bukunya bang Pandji *asaljeplak* yang judulnya NASIONAL.IS.ME.

Gw adalah seorang perempuan berumur 16 tahun yang (dulu) lebih suka disebut sebagai orang Batak daripada orang Indonesia. Tapi, sebuah buku merah yang menarik perhatian gw saat ke toko buku mengubah pandangan gw. Yup! buku itu ya buku yang ditulis sama Bang Pandji.

Awalnya, gw agak benci sama Indonesia. Kenapa? Karena gw bosen dengan berita korupsi. Gw bosen sama tawuran di tipi-tipi. Bosen sama macet. Ga tahan liat Indonesia yang makin gersang. Ga tahan sama banyak deeh...

Trus bab demi bab buku ini ngubah pola pikir gw. Kenapa gw bisa benci Indonesia? Jawabannya ya karen gw terlalu fokus sama kejelekan Indonesia. Korupsi, tawuran, macet, teroris, dll. Tapi di satu sisi gw ga liat keberhasilan Indonesia.

Indonesia yang dulu gersang mulai bangkit. Penanaman 1000 pohon ada di mana-mana. Emang sih ga akan secepat ganti channel tv, tapi kan perubahan butuh proses. Indonesia ga penuh tawuran ko, yang penuh tawuran itu tv kita, bukan Indonesia kita. Saat banyak banget pelajar tawuran di jalan, ada jauh lebih banyaaak lagi pelajar yang sedang duduk, ngeringkuk, ampe jingkrak-jingkrak buat belajar. Entah itu matematika, sosiologi, bahkan bahasa sunda sekalipun, itu tetep belajar kan? Walaupun fisika atau akuntansi dapet 0 tapi yang penting usaha kan? Kenapa kita ga lebih hargain mereka yang berjuang belajar daripada memaki Indonesia yang tawuran?

Saat ada teroris di Indonesia, kita bisa bersatu ko.. Tapi kenapa abis itu kita seakan kehilangan toleransi beragama kita lagi? Kita bisa bilang "gw ga takut teroris" tapi kita meneror generasi kita berikutnya dengan tindakan sembarangan kita sekarang. Ayolah, Indonesia itu menyatu. #IndonesiaUnite Hastagnya udah keren masa cuma dipajang di twitter~

Koruptor. Apa kita ga pernah korupsi? Coba inget lagi, kalo kita ga tepat waktu, kita korupsi waktu. Gw sih jujur aja, gw itu koruptor kalo masalah waktu. Yah, sekali koruptor tetep koruptor kan?

Sekarang, dari banyak masalah di Indonesia, kenapa kita ga mengabarkan hal baik pada dunia? Kenapa kita sibuk menilai orang lain? Kenapa ga mulai dari diri kita sendiri?

Daripada kita ngetweet tentang kejelekan negara kita, apa ga lebih baik kalo kita ngetweet tentang prestasi negara kita? Kita punya bagian masing-masing di pekerjaan kita dalam hal membangun negara. Anda penyanyi? Salurkan semangat persatuan lewat nyanyian anda. Anda novelis romantis? Munculkan spot keren di Indonesia lewat novel anda. Anda wartawan, reporter, sang pencari berita? Kabarkan berita baik dari Indonesia.

Dan gw sebagai blogger Indonesia, sedang berusaha menyampaikan semangat persatuan dari Bang Pandji.

Jadi, ayo buat Indonesia jadi lebih baik :)

2 komentar: